top of page
  • Writer's picturetiga sks

Parasite: Kebaikan Keluarga Kaya yang Membawa Malapetaka

Udah deh, kalo jadi orang tuh ya jangan baik-baik banget gitu loh, kan malah jadi ditempelin parasit.

What if I were rich, I must have been very kind.

Gitu katanya, sih.

Parasite merupakan film pemenang dalam festival bergengsi yang tidak lain tidak bukan adalah Cannes Film Festival 2019. Rasa penasaran setelah membaca sinopsisnya pun membuat saya akhirnya berangkat ke CGV sendirian dan pulang bersama pikiran-pikiran seperti, 'FILM APAAN INI WOY BAGUS BANGET ASTAGA WOY!!!'


Keluarga miskin yang terdiri dari Bapak Kim Ki-taek (Song Kang-ho), Ibu Choong Sook (Jang Hye-jin), anak laki-laki Ki-woo (Choi woo shik), dan anak perempuan Ki-jeong (Park So dam), harus menjalani hidup di rumah yang kecil, sempit, dan terletak dibawah tanah (atau apaya namanya, basement?). Pekerjaan mereka sehari-hari hanya melipat kotak pizza yang gajinya pun tidak seberapa apalagi jika ada kotak-kotak pizza yang tidak dilipat dengan sempurna, makin kecil pula gajinya.


Lalu, jeng-jeng!

Keajaiban datang, ketika seorang sahabat Ki-woo menawarinya sebagai guru les bahasa inggris untuk gadis dari keluarga kaya raya mampus yang desain rumahnya bagus. Tipe film artistik yang memanjakan mata banget sih, setiap sudut bisa dijadikan untuk konten feeds Instagram.

Setelah proses wawancara dan pengujian seberapa pantas untuk menjadi guru les bahasa inggris, Ki-woo, yang berpura-pura menjadi mahasiswa Oxford, akhirnya diterima dengan ramah oleh Nyonya Park, Yeon Gyo (Cho Yeo Jeong). Setelah diterima, ia membuat rantai rekomendasi alias nepotisme dengan cara yang licik bersama keluarganya yang membuat adiknya menjadi guru les seni, bapaknya menjadi sopir, dan ibunya menjadi pembantu di rumah nyonya kaya itu. Sopir dan pembantu lamanya dipecat akibat fitnah-fitnah yang mereka ciptakan dengan eksekusi yang berujung mulus. Setelah berhasil menipu keluarga kaya baik hati ini, tentu saja keluarga Kim menjadi parasit karena saat tuan rumah pergi untuk waktu yang lama. Ketika keadaan rumah kosong, saat itu juga mereka menguasai rumah dan bertingkah seperti tinggal di rumah sendiri (hadeh). Deg-degan sih nontonnya, takut ketauan gitu ya. Padahal mah orang baik, tapi gak punya duit aja jadi melakukan segala cara lah biar setidaknya makan enak. Tidak lama kemudian, dengan suasana yang gelap dan keadaan di luar rumah hujan petir, tiba-tiba terdengar ting tong ting tong bel rumah menggema dan penonton ikut bertanya-tanya "Woy siapa neh malem-malem?"


Pembantu lamanya ternyata dateng dong, dan bilang kalo ada sesuatu yang ketinggalan di basement! Dengan dibukanya pintu untuk pembantu lamanya, maka dibukalah juga pintu masalah bagi kita semua saudara-saudara! Dengan keadaan creepy nan mencekam itu, kita akan diajak masuk untuk liat isi basementnya. HEHEHEHE. Silakan diliat sendiri isi basementnya dan masalah-masalah yang akan kita hadapi bersama seluruh penonton bioskop dengan sebuah akhir yang.... “Ah, istighfar dah gua!”.


Semoga kalian ketika nonton film Parasite ini akan menemukan kesan yang sama seperti saya yaitu KOK BISA YA ANJIR 4 TAHUN!!!


RATING : 4 Tahun / 10


Ditulis oleh : Ricecooker

Disunting oleh : Segarnyaesteh

52 views0 comments

Comments


bottom of page