top of page
  • Writer's picturetiga sks

Janda?? Terus Kenapa??

JANDA OH JANDA, APA SALAH MU JANDA~

“Abang keluar dulu ya, mau liat janda kampung sebelah ah~”

“Yeilah si teteh atiati teh, teteh udah janda!”

“Itu liat si Gamora, udah ditinggal Star-Lord jadi janda juga daripada cape-cape kerja mending cari laki lain”

“eh atiati bu, itu ada janda di RT 1001, mending ibu atiati daripada suaminya di embat”



Ya begitulah beberapa penggalan tentang stigma janda di masyarakat Indonesia, ga ngeliat anggapan dari laki-laki maupun perempuan stigma janda di Indonesia ini menurut gue udah jatoh ke dasar palung mariana noh dalem bgt kan. Gimana engga? Jujur aja gue adalah seorang anak yatim, dimana nyokap gue adalah seorang single mother. Ga jarang tuh gue sebagai anak sering denger curhatan nyokap tentang stigma yang ngarah ke nyokap gue dan gue pun pernah punya pengalaman gaenak ketika om gue membuat jokes tentang “janda” ke nyokap gue. Maksud gue really? Seburuk itukah janda?? I mean you’ll piece of tinja kadal, gini ye bapak-bapak ibu-ibu sekalian yang saya sayangi dan saya hormati, siapa yang mau pisah dari pasangan sehidup sematinya? Pisah bisa dikarenakan beberapa faktor, bisa karena nyawa, KDRT, ekonomi dll, jika emang misalnya pisah adalah jalan terbaik, mau gimana??. Tapi intinya, siapa sih yang mau diinggal sama pasanganya. Cuz they DON’T.


Sayangnya kita tinggal di Indonesia dimana janda adalah villain semua orang terutama ibu-ibu komplek sama perkampungan, lo tau Thanos? Joker? Hannibal Lecter? Kalah semua anying, pokoknya kalo lo janda, dah fix lo musuh banyak org. Perspektif kaya gini kan luar biasa hebat menurut gue, ditambah emang otak-otak Indonesia (ga semua) begitu , contoh: banyak jokes tentang janda di sekitar kita coba lo ke pantura atau mana deh pasti ada tulisan belakang truk “kutungga janda mu zaenab”, “janda, janda bikin ku pusing sajaaa~” tai. Orang bilang “alah Indonesia, orang luar udh bikin roket lo masih aja gini dll” eh begini ye bu, masalahnya kalo org Indonesia (sekali lagi, ga semua ya, hanya perumpamaan) bikin roket gue yakin bakal ada tulisan di roketnya “Janda, kutunggu kau sampai luar angkasaaa~” tai.


Selain itu yang gue kesel adalah stigma masyarakat tentang janda dimana kalo lo udah janda pasti gatel, ngerebut suami orang, ngebet cari suami baru dll. EH anying lo sebagai masyarakat percuma industri Indonesia ini bakal 4.0 kalo mental sama pikiranya aja masih 1/4 atau bahkan 0,25 kek pensil mekanik monokurobo. Belom lagi judul-judul lagu tentang janda juga sama aja, apaan ada judul “janda rasa perawan” dan lain-lain lah pokoknya. Belum lagi terkadang media suka memberitakan janda seolah-olah mereka adalah barang diskonan di Shopee, maksud gue apasih apa pentingnya ada berita "Ada 3.986 Janda Baru di Se-Bekasi" Maksud Gue.. INI APAAN ANYING.. astaga gimana mau maju pikiran masyarakat Indonesia coba kalo beberapa berita aja masih aja gitu kaya gini. Iya gue tau target pasar lo tuh orang-orang kaya gitu tapi ya ga gini juga lah.



Jadi pertanyaanya disini adalah apa bedanya janda dengan duda? Tapi selalu anggapan janda lah yang punya konotatif negatif di masyarakat. Menurut artikel yang pernah ditulis Tirto.id yang berjudul Para Janda dan Ketidakadilan yang Berlapis-lapis disitu dituliskan bahwa menurut Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, Justito Adiprasetio, adanya perbedaan nilai antara “janda” dengan “duda” dimana jika janda dipandang masyarakat itu adalah tidak memiliki nilai tawar lain selain tubuhnya, berbeda dengan duda dimana dianggap memiliki kemampuan bekerja.


Jadi disini, konotasi negatif yang ditujukan kepada janda ya menurut gue, apalagi kalau bukan dengan budaya patriarki masyarakat Indonesia yang masih ngelekat banget, yang berimbas ke perempuan salah satunya adalah perempuan yang sudah pisah dengan suaminya. Pesan gue buat para “janda” diluar sana adalah be strong, anda adalah orang yang sangat kuat, gue gabisa bilang jangan dengerin omongan orang karena kadang itu berpengaruh banget ke batin tapi gue bisa bilang inget keluarga anda, anak anda atau siapapun, inget aja mereka supaya anda kuat menjalani siksaan label yang mengarah kepada anda, dengan anda mengingat mereka Inshaa Allah anda kuat dan terus semangat dalam mencari nafkah untuk mereka.

Sekian dan terimakasih saya sampaikan Wabillahi Taufiq Wal Hidayah, Assalamualaikum Wr, Wb

77 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page