top of page
  • Writer's picturetiga sks

Awas, Fuckboy Berbulu Domba alias Softboy!


Pernah nggak ketemu jenis jenis cowok yang lemah lembut terlihat berbeda padahal ternyata cuma cari enak nya aja?

Hati - hati, guys. Itu mungkin softboy.


Apasih softboy itu?


Softboy merupakan istilah dimana seorang laki – laki bertingkah layaknya fuckboy secara diam – diam. Mereka adalah spesies fuckboy tanpa sifat arogan. Malah, mereka menunjukkan sisi sensitif dan lemah, namun masih terkesan cuek dan masih main tarik – ulur sehingga membuat perempuan – perempuan penasaran.




Lebih parah daripada fuckboy.


Softboy tidak puas dengan hanya one night stand ataupun hubungan seksual, dia juga bermain dengan perasaan. Seperti penjelasan sebelumnya, ia menunjukkan sisi sensitif dan kelemahan mereka. Seperti, bagaimana mimpi dan cita – cita mereka, memberi pengertian tentang apa yang mereka sukai dan membahasnya secara sensitif dengan kata – kata yang cukup dalem, dan hal – hal serupa lain nya.

Nah, disinilah dia bermain peran seolah mereka bersifat edgy dan berbeda dari laki – laki kebanyakan. Hal ini membuat perempuan penasaran dan merasa spesial, apalagi mereka seolah hanya membuka diri kepada satu perempuan saja.

Padahal? Segudaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnngggggg!!!



Ciri – Ciri Softboy




illustration: ndogbiasa




Dari gambar diatas, sebenarnya udah bisa ada gambaran sih softboy itu kayak gimana. But to make it more clear, here you go:

1. Rapi seperti pria baik – baik. Para perempuan – perempuan mayoritas lemah dengan laki – laki yang memiliki style seperti cowok – cowok tumblr yang manis menggemaskan. Mereka berpakaian super rapi, as if mereka sangat peduli dengan penampilan mereka dan terlihat bersih. Kemeja, sweater polos, dengan sepatu biasa. Tidak berlebihan dan terlihat seperti laki – laki biasa

2. “Saya baca buku.” Benar sekali, he couldn’t shut up when it comes to literature. Tapi, mereka tidak benar – benar into literature. Dia melakukan hal tersebut hanya karena agar terlihat berbeda. Jarang – jarang kan ada orang baca, apalagi laki – laki. Tapi, biasanya dia hanya menjadikan buku pajangan atau membaca sekilas untuk sekadar tahu alur dan siapa karakter – karakter pentingnya. Jadi, dipastikan kamu harus ikutan sok pintar untuk memberi ‘serangan tidak terduga’ untuk mereka, agar mereka tidak memandangmu sebelah mata.

3. Mendengarkan musik sejenis mellow indie ketimbang hip – hop atau rap. Ingat ya kata kunci nya, mereka itu ‘mencoba’ untuk berbeda. Ingat! Jadi, musik pun mereka ‘memilih’ untuk menjadi berbeda dari laki – laki kebanyakan. Pernah nonton film fenomenal 500 Days of Summer? Ciri – ciri lagu softboy hampir serupa dengan Joseph Gordon-Levitt. Musik yang mereka dengarkan setipe dengan lagu – lagu seperti dari The Smiths, The Pixies, Leonard Cohen atau sekarang seperti The Walters, Mac DeMarco, Cigarettes After Sex, Daniel Caesar, Frank Ocean, The Strokes, Rex Orange County, Mac Ayres, LANY, Honne, dan masih banyak lagi.


https://open.spotify.com/user/21sf5ecmjrv3gpmuvupdko7wa/playlist/2FpdooYNFcm5fkbMN9DEep?si=lRZRdy7zQamiq0NuGGXctg



4. Memperlihatkan kelemahan Tidak seperti laki – laki kebanyakan (lagi), mereka ini dengan sukarela memperlihatkan kelemahan nya. Seperti, bagaimana mereka menatap langit – langit sambal bercerita tentang cerita pahit mereka tentang mantan kekasih, dan bagaimana ia sangat menyayangi perempuan yang kamu piker beruntung dan bodoh itu, menceritakan betapa mereka sangat menyayangi kerabat keluarga nya dan hal – hal sensitif lain entah itu hanya dibuat – buat atau memang benar adanya. Tapi, budayakan saja skeptis.

5. Social Justice Warrior garis keras. Mereka melihat sebuah hal – hal menyedihkan sebagai momok yang sangat serius. Dipastikan mereka akan menceramahi tentang hal – hal seperti mental health, mental disorder, dan lain sebagainya. Mereka ingin terlihat mulia, walaupun aslinya tidak atau malah biasa saja. Mereka akan lebih sering mengomentari hal – hal sosial dan mengkritisi masalah – masalah sosial, merasa dirinya melihat dari point of view yang paling berbeda dan paling benar. Mereka pun lowkey tidak mau disalahkan. Jika, kita memiliki pendapat kontra, ia akan berpikir kita adalah salah satu alasan mengapa masalah sosial itu marak terjadi.

6. “Kamu tuh, beda.” Nah ini, mereka jarang ngomong dan jarang memuji tapi sekali memuji bikin meleleh lahir batin dan itulah salah satu trik bahwa nantinya kita bisa mengejar dan jatuh bangun dibuatnya. Mereka akan mendoktrin kita dengan membawa alasan kita ‘berbeda’ secara positif dan hal ini secara tidak langsung membuat ia berhasil mengisolasi kita dari mereka – mereka yang dianggap tidak lebih baik dari kita, all thanks to those softboys. Nggak percaya mereka bisa dengan halus mendoktrin nya? Tapi, anehnya hal itu benar – benar bekerja walaupun berbahaya.

7. You won’t suspect anything bad, but you’ll find out that he’s just another fuckboy.

Akhir - akhiran nya, dia tuh cuma ambil enak nya doang, and you're one of his plaything and one only fling.

5,974 views0 comments

Recent Posts

See All

Join my mailing list

  • SoundCloud Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon
bottom of page